Tambahan feature air seperti air mancur pada berbagai desain taman dapat merubah penampilan taman menjadi lebih bagus dan menarik. Air mancur dapat menjadi pusat perhatian yang menarik untuk taman Anda.

Suara air mengalir akan memberikan suasana rilex, tenang dan membantu menenangkan emosi dan pikiran sehingga membantu banyak orang untuk mengurangi atau menghilangkan stress.

Air mancur dapat ditempatkan di berbagai tempat di taman rumah, di mana pemilihan penempatan dengan view terbaik menjadikan air mancur sebagai sumber relaksasi yang sangat baik. Air mancur tidak hanya terbatas untuk taman di luar rumah, taman di dalam rumah pun dapat dilengkapi dengan air mancur yang dapat disesuaikan dengan luas dan kondisi taman dalam rumah.

Pemilihan air mancur untuk taman umumnya dapat dipertimbangkan dari segi bentuk, ukuran, warna, bahan, dan budget.

Bentuk atau jenis air mancur dapat berupa air mancur dinding, air mancur pot, air mancur kolam, dsb. Untuk air mancur kolam bervariasi dari desain tradisional kolam satu tingkat sampai air mancur dengan kolam bertingkat-tingkat. Bahan yang dipakai membuat air mancur tersebut bermacam-macam antara lain metal, fiberglass, kayu, tembaga, stainless steel, porselen, concrete atau batu. Concrete dan keramik dianggap sebagai bahan paling baik. Untuk memperindah air mancur dapat ditambahkan ukiran dengan patung dan hiasan batu alam. Desain modern air mancur yang memakai stainless steel kualitas bagus juga akan memberikan pemandangan yang sempurna karena pantulan kilauan dan gelembung air.

Ukuran air mancur harus disesuaikan dengan ukuran taman. Air mancur berukuran besar cocok untuk taman yang luas, demikian pula air mancur ukuran kecil akan bagus berada di taman yang mungil. Untuk taman mungil dapat dipilih air mancur yang dipasang pada dinding karena tidak membutuhkan space yang terlalu besar. Untuk taman yang luas akan lebih leluasa dalam pemilihan desain dan ukuran air mancur. Kolam air atau kolam ikan dengan berbagai bentuk air mancur dapat dipilih sesuai selera.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan saat merawat air mancur:

* Pergantian air harus dilakukan secara teratur. Jika tidak diganti secara teratur, maka air mancur akan kotor dan berwarna hijau karena tumbuhnya alga. Gunakan alga treatment yang aman untuk hewan.
* Pembersihan air mancur yang teratur akan membuat keindahannya tetap terjaga. Keringkan air mancur secara teratur dan bersihkan dengan cara menggosok. Air mancur yang tidak dibersihkan secara teratur dan dibiarkan terlalu lama kotor akan menyusahkan proses pembersihan selanjutnya.

Kreativitas desain taman dan pelengkapnya sangat mempengaruhi tampilan air mancur untuk menambah keindahan taman dan menarik perhatian bagi yang melihatnya. Selain itu, taman air mancur harus dibangun dengan fondasi yang kuat dan stabil pada tanah yang rata. Sebaiknya dapatkan bantuan tenaga professional sehingga air mancur dapat didesain dan dibangun dengan baik.

Tambahan furniture taman dengan kombinasi teras lantai kayu akan membantu Anda menikmati keindahan taman air mancur dengan santai dan tenang.

Taman dengan feature air lain seperti kolam air dan kolam ikan juga merupakan pilihan yang bagus untuk menambah keindahan taman dan menciptakan suasana nyaman dan tenang.