Desain kolam atau air merupakan tambahan yang menakjubkan untuk lansekap taman. Dewasa ini banyak para pemilik rumah yang merencanakan untuk menambahkan kolam dengan cara mendesain dan membangunnya sendiri, tetapi adapula yang menyerahkannya kepada para desainer dan kontraktor taman yang telah banyak memiliki keahlian dan pengalaman.

Tetapi dengan begitu banyak variasi desain kolam atau air yang berbeda terkadang akan menimbulkan keraguan, pilihan mana yang paling tepat untuk dipilih atau paling sesuai untuk taman yang ada.

Tenaga ahli pertamanan yang memiliki kemampuan khusus dan pengalaman yang memadai akan membantu Anda mulai dari desain, perencanaan awal hingga pembangunan taman beserta semua fitur tambahannya termasuk desain kolam atau air.

Berikut beberapa fitur kolam atau air yang banyak diimpikan dan diaplikasikan pada kebanyakan taman saat ini, seperti:

– Kolam renang

Sebuah kolam renang tidak hanya merupakan jenis fitur air atau kolam untuk area luar ruang taman saja, tetapi memiliki kegunaan lainnya seperti sebagai sarana untuk berolahraga, sebagai area berekreasi dengan tambahan sarana meluncur dan sarana lainnya yang akan berguna untuk semua anggota keluarga, dengan teman dan kerabat lainnya. Meskipun kolam renang bisa dibangun dengan skala yang tidak terlalu luas, tetapi tidak semua keluarga memiliki anggaran untuk pembuatan kolam renang ini, dan beberapa tidak memiliki cukup ruang untuk membangun sarana kolam renang ini.

– Kolam ikan

Sebuah kolam dapat diisi dengan ikan koi hidup yang ramah dengan beberapa tambahan seperti bunga lili air serta pohon teratai yang mengambang. Pilihan kolam ikan lain adalah sebuah kolam bersih, jernih, dan tidak terlalu lebar, di mana pemiliknya dapat menikmati kolam untuk beristirahat sambil merendamkan kaki atau relaksasi saja.

Air mancur

Dengan system pompa air yang efisien, penggunaan air dan listrik akan dapat dihemat terlebih lagi apabila diperhitungkan pula system penyaringan air yang tepat, maka air yang ada akan senantiasa jernih dan terlihat indah. Tidak hanya itu, dalam kondisi cuaca panas atau pada siang hari yang panas, air mancur akan memberikan kelembaban pada udara sekitar yang tentunya akan memberikan kondisi yang sangat berguna terutama bagi berbagai jenis tanaman yang ada di sekitar air mancur tersebut. Air mancur ini bisa desain atau dibangun dengan berbagai variasi pilihan model, bahan baku maupun ukuran.

– Air terjun

Desain dan pembuatan air terjun pada lansekap taman memiliki berbagai jenis variasi atau gaya yang bisa diterapkan. Berbagai variasi tersebut bisa berupa desain untuk jumlah kolam yang akan dibangun pada perbedaan ketinggian tertentu, penggunaan variasi batu alam maupun pembentukan batu buatan termasuk juga dengan variasi jenis jatuhnya air terjun tersebut baik yang secara langsung / terjun bebas maupun dengan cara mengalir atau jatuh melalui aliran seperti anak tangga atau berbagai jenis lain.

Demikianlah beberapa desain taman dengan beberapa jenis kolam atau fitur air yang dapat diterapkan sebagai tema lansekap.

Meskipun terkadang terdapat beberapa orang memiliki kemampuan untuk mendesain bahkan membangun beberapa fitur tersebut oleh dirinya sendiri, akan lebih mudah apabila Anda mau berkonsultasi langsung dengan tenaga ahli maupun perusahaan professional lansekap. Lansekap professional tidak hanya akan memberikan informasi berharga tentang berbagai jenis fitur air yang paling sesuai untuk diterapkan pada area taman Anda, tetapi siap diajak berdiskusi guna melaksanakan pembangunan fitur kolam sesuai pilihan atau yang direkomendasikan guna mendapatkan hasil yang maksimal atau mendapatkan estetika yang lebih unggul pada keseluruhan hasil pembuatan taman Anda.