Desain Taman Kecil

Cara merancang taman kecil berbeda dengan cara merancang taman besar. Umumnya dalam petunjuk mendesain taman seringkali tidak membahas berkebun di ruang kecil. Desain taman seringkali disajikan dalam daftar aturan, yang mengandung nilai dalam elemen penting pada setiap desain taman dan hal ini seringkali digambarkan dalam skala besar.

Ruangan kecil memang terbatas, tetapi jangan membuat kita kekurangan ide. Di kebun kecil ini, kita dapat memperhatikan setiap detail. Kita dapat merawat taman sambil menikmati taman kecil kita.

Hampir semua tanaman dan model taman dapat dipakai untuk ruang taman kecil. Di sini prinsip desain taman yang baik masih berlaku, tetapi mungkin kita harus menyesuaikannya sedikit.

Untuk desain taman yang kecil, kita tidak bisa menanam setiap tanaman yang disukai karena terbatasnya luas halaman. Kita perlu mengendalikan keinginan untuk membeli beragam tanaman dan merencanakan dengan seksama tanaman apa saja yang perlu dibeli. Dengan cara demikian maka akan membantu kita fokus pada jenis tanaman yang cocok pada taman kecil kita.

Warna juga harus dibatasi 2-3 warna saja, untuk memberikan kekompakan pada kebun kecil kita. Kita bebas menambahkan beberapa tambahan tanaman dalam warna-warna aksen. Warna pucat akan membuat taman akan tampak lebih luas serta memberi kesan yang mendalam. Pemakaian warna yang terbatas dapat diimbangi dengan berbagai tekstur. Tekstur yang kontras akan memadukan berbagai tanaman sehingga terlihat serasi.

Setiap tanaman atau ornamen yang ada dimaksudkan untuk memenuhi suatu tujuan. Tidak ada ruang untuk ruang kosong atau tanaman yang kurang berfungsi.

Jenis tanaman yang lebih sedikit akan memberikan kesan kosong. Terlalu banyak tanaman yang berbeda akan menimbulkan kekacauan.

Temukan beberapa tanaman yang tumbuh dengan baik dan tanamlah dalam rumpun yang agak besar, buat beberapa rumpun pada seluruh kebun. Setiap tanaman yang tidak pada tempatnya atau tidak berkembang akan terlihat dan dapat diperbaiki dengan cepat. Jika ada tanaman berpenyakit dan tidak bisa dibetulkan, sebaiknya tanaman tersebut segera dikeluarkan.