Landscape dan Gardening

 Home  Hubungi Kami  English Version  Site Map
 
 

Back    Bookmark

Instalasi Pipa Gas LPG | Pemasangan Pipa Gas

 

Instalasi pipa gas LPG pada berbagai kebutuhan seperti restoran, pabrik, rumah sakit, atau pada kebutuhan lainnya merupakan salah satu hal penting yang membutuhkan perhatian khusus. Hal ini disebabkan adanya berbagai hal yang dapat terjadi apabila terjadi kesalahan. Kualitas pipa untuk saluran gas, peralatan keamanan tambahan dan regulator untuk menurunkan tekanan gas harus sesuai dengan spesifikasi peralatan. Bahan yang berkualitas rendah atau barang yang tidak memiliki kualitas memiliki ketahanan yang rendah sehingga dapat mengakibatkan banyak hal seperti kebocoran gas, tekanan yang tidak sesuai atau lainnya. Untuk itu Anda memerlukan kontraktor pipa gas yang mengerti dan berpengalaman dalam hal instalasi pipa gas ini. Namun, Anda juga sebaiknya mengetahui sedikit banyak informasi mengenai instalasi pipa gas LPG, khususnya bagi Anda yang akan melakukan penginstalan ini.

Instalasi Pipa Gas LPG  Instalasi Pipa Gas LPG  Instalasi Pipa Gas LPG

Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan seperti ukuran, bahan, pemotongan pipa, pengujian untuk keamanan, dan pemeriksaan.

1. Menentukan ukuran yang dibutuhkan
Anda harus menentukan ukuran sesuai yang dibutuhkan, ukuran ini juga harus diukur dengan tepat agar setiap alat atau bahan yang digunakan dapat bekerja dengan baik. Setiap alat yang digunakan memiliki ukuran yang berbeda. Pipa besi yang biasa digunakan adalah pipa seamless yang tidak mengandung sambungan di dalamnya dan memiliki schedule 40 dengan ketebalan 3-5 mm. Pipa ini di pasang mulai dari tabung gas atau gas meter sampai ke area dapur dengan cara mengelas pipa. Instalasi ini di lengkapi dengan regulator, pressure gauge sebagai penunjuk tekanan dan Alarm Detector Gas sebagai pendeteksi kebocoran serta selenoid yang akan menutup gas secara otomatis apabila terdapat kebocoran. Ukuran diameter pipa juga harus di sesuaikan dengan volume gas yang akan di gunakan tergantung pada banyaknya jumlah kompor dan tekanan gas yang di gunakan pada kompor. Tekanan ini dibedakan menjadi 3 yaitu:

  • Low pressure : Tekanan yang biasa di pakai pada kompor rumah tangga atau kompor restoran yang tidak memerlukan api besar atau panas tinggi.
  • Medium pressure : Tekanan sedang untuk kompor kecil namun memerlukan kecepatan dan panas lebih tinggi.
  • High pressure : Tekanan tinggi untuk kompor yang memerlukan api besar dan panas yang tinggi.

2. Standard Instalasi Gas
Ada pula 3 jenis standard instalasi gas yang harus diperhatikan yaitu standarisasi material, standarisasi pengerjaan, dan standarisasi keamanan sistem.

  • Standarisasi material, yang harus digunakan untuk instalasi gas yaitu pipa black steel sch40 serta aksesoris sch40. Regulator dan diameter pipa yang digunakan juga harus memenuhi standard SNI dan sesuai dengan kapasitas dan volume pemakaian supaya tidak terjadi drop pada saat pemakaian.
  • Standarisasi pengerjaan, pengerjaan instalasi pipa gas harus diaplikasikan oleh tenaga kerja yang berpengalaman dalam bidangnya dan yang memiliki izin untuk mengerjakan pipa bertekanan tinggi.
  • Standarisasi keamanan sistem, meliputi pencegahan dari kebocoran gas, yang diwajibkan untuk menggunakan sistem control alarm gas agar pada saat terjadi kebocoran dengan otomatis aliran gas akan tertutup.

3. Cutting pipa
Pada saat proses pemotongan pipa besi, Anda harus memperhatikan potongan pipa yang akan Anda gunakan harus memiliki diameter yang sesuai dengan pipa. Hal ini sangat perlu diperhatikan agar tidak terjadi kebocoran karena pipa besi yang longgar atau tidak cukup digunakan dengan pipa lainnya.

4. Pengujian
Pengujian sistem adalah hal yang paling penting dilakukan setelah seluruh proses instalasi selesai. Ada berbagai tes atau pengujian yang dilakukan dengan beberapa peralatan khusus yang diperlukan untuk tes. Hal ini digunakan untuk memastikan bawah instalasi telah selesai dan dapat digunakan dengan aman. Pengujian ini menggunakan alat yang juga dapat mendeteksi kebocoran yang dapat terjadi pada pipa yang kurang rapat atau belum terpasang dengan sempurna.

5. Pemeriksaan
Pada saat pemeriksaan, Anda harus memastikan jika seluruh rangkaian pipa gas telah diperiksa. Terutama apabila hasil dari pengujian menunjukkan adanya ketidaksempurnaan pada pemasangan pipa.

Hubungi kami untuk instalasi pipa gas: Anto M. 081282627262

Instalasi Pipa Gas LPG  Instalasi Pipa Gas LPG  Instalasi Pipa Gas LPG

 ↑ Back to Top