Landscape dan Gardening

 Home  Hubungi Kami  English Version  Site Map
 
 

Back   Bookmark

Kolam Koi / Kolam Ikan Koi

 


Kolam koi di taman rumah Anda dapat menjadi pilihan untuk menciptakan suasana tenang dan menyejukkan dan menambah keindahan taman. Kecipak ikan koi di air kolam yang bersih dan asri dapat mengusir stress.


Membangun Kolam Koi

Kolam koi dapat dibangun sendiri dengan bahan-bahan yang cukup mudah diperoleh.

Perencanaan pembangunan kolam Koi

Pilih lokasi mana yang akan dipakai untuk kolam koi di taman rumah Anda. Tentukan ukuran dan bentuk kolam koi yang akan dibangun. Untuk menampilkan suasana alami / natural, pilih bentuk kolam koi yang dinamis, tidak terpaku pada bentuk segi empat atau bulat saja.

Kolam koi dengan bentuk natural

kolam koi dengan relief batu alam

Bahan-bahan yang diperlukan untuk membangun kolam koi:

* Pompa air
* Pond liner / Pelapis kolam dari Karet
* Batu-batuan
* Ikan
* Semen


Ukuran Kolam Koi

Sebenarnya membuat kolam ikan koi, tidak harus memiliki lahan yang luas, cukup dengan 1x1.5 m2 saja sudah dapat memiliki kolam ikan yang asri. Kedalaman kolam harus diperhatikan dalam memelihara Koi. Kedalaman kolam yang optimal sebaiknya sekitar 50 cm, dengan tinggi permukaan air dari dasar kolam sekitar 35 cm. Untuk ikan koi, buatlah suatu lubang / spot di tengah kolam dengan kedalaman extra ±15 cm sebagai tempat ikan koi beristirahat dan juga sebagai tempat persembunyian yang aman, jika di kolam terdapat bebek misalnya.

Untuk kolam yang ukurannya lebih dari 3x4 meter persegi, dasar kolam harus diberi konstruksi beton. Ini dimaksudkan agar kolam dapat menahan tekanan dari dalam tanah. Jika tidak, dasar kolam bisa retak dan bocor. Kedalaman kolam yang optimal bertujuan untuk mendapatkan mutu Ikan Koi yang baik. Pertumbuhan koi terbilang cepat. Untuk kedalaman kolam 0.5m hanya dapat diisi ikan koi kecil. Setelah ikan Koi tumbuh agak besar harus dipindahkan ke kolam yang lebih luas, agar tidak terhambat pertumbuhannya.

Membangun Kolam Koi

Galilah tanah tempat kolam sesuai ukuran yang diinginkan dan kedalaman yang cukup untuk koi. Tutup lubang yang sudah digali dengan pond liner. Pond liner harus dilebihkan kira-kira 30 cm keluar dari lubang kolam koi. Pond liner bertujuan untuk mencegah kebocoran kolam koi. Tahan pond liner dengan pemberat seperti batu-batu besar seperti batu kali dan batu koral atau dapat dipakai batuan buatan dari semen yang dibentuk mirip dengan batu alam asli. Ratakan pond liner serapih dan sehalus mungkin. Hati-hati saat berjalan di kolam, jangan merusak / merobek pond liner.

Pasang pompa air dan pastikan pompa mempunyai tenaga yang sesuai dengan ukuran kolam koi. Isi kolam koi dengan air bersih yang segar. Setelah itu, sebaiknya jangan buru-buru memasukkan ikan koi ke kolam.

Biarkan beberapa hari untuk mengecek beberapa hal pada kolam koi Anda. Nyalakan aliran air untuk melihat ada tidaknya kebocoran pada kolam serta kondisi aliran air. Sebelum memutuskan memelihara ikan yang harganya relatif mahal, sebaiknya masukkan dulu beberapa ekor ikan mas ke kolam sebagai uji coba. Apabila ikan tidak menunjukkan tanda-tanda kelainan pada gaya berenang dsb, berarti kondisi kolam normal dan kolam sudah siap diisi dengan ikan koi pilihan Anda.

Dekorasi Untuk Memperindah Kolam Koi

Pada bidang vertical kolam atau dinding juga dapat didekorasi agar kolam terlihat cantik. Seperti membentuk jeram-jeram, dinding-dinding batu alam, dsb. Pastikan batu-batu dekorasi aman untuk ikan Anda, tidak memakai pewarna atau cat yang dapat membunuh ikan. Di dalam kolam dapat pula ditanami dengan tanaman atau bunga. Untuk dekorasi luar bisa dipakai batu kali, batu palimanan, batu candi, dan batuan alam lainnya. Untuk kesan alami bisa dipakai juga lantai kayu berupa jembatan di atas kolam atau lantai kayu di samping kolam.

Jaga Kebersihan Air Kolam Koi

Suplai air sangat penting dijaga. Jika bukan kolam ikan hias tentunya ikan akan lebih tahan dengan air yang kotor. Kolam untuk ikan hias filternya mutlak harus bersih. Begitu juga dengan pembuangan kotorannya. Sistem saringan air menjadi sangat penting untuk menjaga air tetap bersih. Setiap minggu kolam harus dibersihkan dari lumut dan sebulan sekali harus dikuras airnya. Tentunya hal ini dilakukan untuk menjaga kualitas ikan dan tentunya juga untuk menjaga kelestarian ikan itu sendiri.

Makanan Koi / Pakan Koi

Sebelum ini mempunyai kolam koi memerlukan biaya yang cukup mahal karena pakan Koi harus diimport. Saat ini pakan koi telah diproduksi local di Surabaya, Jawa Timur. Anda dapat membeli pakan Koi local in dengan harga yang cukup murah. Hanya dengan ±Rp 50.000 Anda sudah mendapatkan 20 kg pakan koi. Pemakaian 20 kg pakan koi tersebut cukup untuk memberi makan ratusan ekor ikan koi setiap harinya. Pakan koi impor kira-kira menghabiskan biaya 4x lipat dibandingkan dengan pakan koi local.

Vitamin untuk Ikan Koi

Memelihara koi tidak cukup hanya memberinya makan saja, dibutuhkan vitamin agar daya tahan tubuh ikan meningkat. Untuk meminimalkan biaya vitamin, sudah ada pengembangan dengan mencoba membuat ramuan tradisional dari daun-daunan. Dan hasilnya, bukan saja meningkatkan daya tahan, tapi juga berkhasiat menghilangkan kutu di sisik ikan.

 ↑ Back to Top

 

 
Cat epoxy lantai | Jasa epoxy lantai 021-55782290 
 
Parket lantai kayu | Railing kayu
 
 
Briket Sawdust