Dapatkan saran ahli taman / arsitektur taman untuk penempatan pohon di area rumah atau perumahan untuk memperindah landscape rumah Anda.

Tanaman merupakan salah satu hal yang sangat berpengaruh dalam kehidupan manusia. Banyak sekali jenis-jenis tanaman yang ada di dunia ini. Salah satu jenis tanaman yang banyak manfaatnya adalah pohon besar.

Pohon besar memiliki banyak macam jenis dan manfaat baik itu bagian dalam ataupun bagian luar pohon. Jenis-jenis pohon besar tersebut ada yang dapat dimanfaatkan sejak pohon itu masih kecil hingga pohon itu menjadi pohon besar. Kita dapat memanfaatkan buah, daun, batang, dan bagian-bagian lainnya. Meskipun di saat pohon itu tidak dapat menghasilkan buah kita masih bisa tetap menerima banyak sekali hasil yang di hasilkan oleh pohon itu sendiri. Beberapa contoh dari manfaat pohon besar :

  1. Pohon sebagai penghasil udara bersih

Udara yang bersih adalah udara yang banyak mengadung oksigen. Baik pohon besar, maupun pohon kecil dapat menghasilkan banyak oksigen. Semua pohon memiliki manfaat yang sama dalam penghasil udara bersih.

  1. Pohon sebagai peneduh rumah dan jalanan

Pohon memiliki banyak tangkai dan daun yang rimbun, terutama pada pohon besar. Bila semakin banyak pohon yang memiliki daun dan ranting yang banyak, maka jalanan atau rumah kita tidak akan menjadi tandus dan kering karena cahaya sinar matahari tidak akan mengenai kita secara langsung. Pada sebagian wilayah di Indonesia ada wilayah yang memiliki suhu yang sangat panas. Dengan adanya pohon besar maka rumah dan jalanan yang di tumbuhi dengan pohon besar yang ditata dengan rapi akan menghasilkan suasana yang sejuk dan asri.

  1. Pohon sebagai produsen makanan bagi manusia

Makanan pokok masyarakat terutama di Indonesia ini umumnya adalah nasi yang berasal dari beras. Beras itu sendiri berasal dari tanaman padi. Sayur-sayur yang biasa kita makan juga berasal dari tanaman. Demikian juga buah-buahan yang dapat kita makan yang di hasilkan oleh pohon-pohon besar maupun kecil.

  1. Pohon sebagai penyembuh penyakit

Saat ini tidak hanya teknologi-teknologi yang dapat berkembang. Namun, jenis-jenis penyakit juga ikut berkembang seiring dengan perkembangan ini. Baik penyakit yang ringan hingga penyakit yang berat. Bayak juga jenis-jenis obat yang dihasilkan oleh pohon. Orang-orang pada zaman dahulu juga biasanya mengkonsumsi daun-daunan atau bagian tanaman manapun yang mereka tahu bila tanaman itu dapat menyembuhkan mereka waktu mereka sakit.

  1. Pohon sebagai penyedia air bersih

Untuk bertahan hidup tentunya pohon atau tanaman lain dan juga manusia sekalipun membutuhkan air. Untuk mempertahankan hidupnya pohon akan menggunakan akarnya sampai menjulur ke dalam tanah untuk mengambil air dan zat-zat yang dibutuhkannya sampai. Bila pohonnya banyak maka semakin banyak juga akar yang menjulur ke dalam tanah. Namun, pengambilan air tersebut tidak terlalu banyak. Pemakaian air pada pohon tidak terlalu banyak. Bila ada banyak air yang terserap ke dalam tanah, berarti cadangan sumber air yang akan diperoleh akan semakin banyak. Dengan adanya pohon ini, baik pohon besar maupun pohon kecil, cadangan air yang diperoleh dari serapan mereka akan semakin besar. Oleh karena itu, pohon berfungsi juga sebagai penyedia air bersih.

  1. Pohon sebagai alat rumah tangga

Salah satu manfaat lain dari pohon adalah menggunakannya sebagai bahan perkakas rumah tangga. Berbagai perkakas yang biasa diciptakan dari pohon adalah sutil, talenan, ulekan, lemari, meja, kusen, pintu, tiang, dan lain-lain.

Khusus untuk kusen dan pintu, biasanya membutuhkan pohon besar. Untuk pohon kecil, biasanya tidak bisa digunakan sebagai kusen dan pintu. Hal ini dikarenakan dalam penggunaan kusen dan pintu memang membutuhkan kayu dengan ukuran yang besar. Oleh karena kayu yang besar hanya bisa didapatkan dari pohon besar maka sudah pastilah pohon besar yang jadi pilihan.