Taman tropis minimalis dikreasikan dengan menggabungkan unsur minimalis dan tanaman tropis. Bagaimana menggabungkan kedua jenis desain taman yang unsurnya sangat berbeda tersebut agar terlihat harmonis? Di sinilah pentingnya keahlian seorang Arsitek Taman.

Taman minimalis didominasi dengan menampilkan garis-garis tegas di hardscape. Untuk memberikan kesan hijau, maka ditambahkan tanaman tropis di taman minimalis tersebut.

Gabungan taman tropis dan taman minimalis berikut adalah hasil karya Andrew Sucandra:

taman kolam ikan dengan gazebo desain kolam ikan minimalis dengan gazebo

Unsur minimalis dapat dilihat pada bentuk gazebo yang terkesan ringan dilengkapi dengan lantai kayu yang alami, kolam ikan, stepping stone pada kolam dan taman yang berbentuk segi empat / bersudut.

Tanaman tropis yang dipakai pada taman tropis minimalis tersebut antara lain: Palem Sadeng (Livistona rotundifolia), Neoregelia, Pacing, Bromeliad, Bambu kuning Bali, dan Kamboja yang ditanam di pinggir kolam, Thunbergia Grandiflora yang berbunga putih ditanam di Gazebo.

Tanaman tropis yang dipilih tentu saja mempertimbangkan beberapa hal antara lain tanaman yang pertumbuhan dan perawatannya gampang sesuai dengan lingkungan tropis Indonesia serta memberikan kesan indah dan sejuk.

taman minimali | taman belakang rumah vertical garden dan batu alam

Bahasan lengkap mengenai taman tropis minimalis di atas dapat dilihat pada majalah Garden, edisi 37, April 2010.